Colouring My Hair

By Sitty Amelia - 20.21.00

 Hallo November...


Tak terasa tahun 2022 sudah hampir memasuki penghujung tahun, dan dimana sebentar lagi akan memasuki tahun 2023, bagaimana dengan "To do list" tahun ini ? 

Apa semuanya telah tercapai ? 

Sedikit bercerita tentang apa yang aku lakukan selama masa pandemi, yaitu mengganti warna rambut dengan warna yang tidak umum digunakan oleh orang biasa. Kenapa begitu ? -- karena biasanya orang yang mewarnai rambut biasanya untuk keperluan pekerjaan atau memang karena dia orang yang cukup terkenal dan sedang ingin menciptakan trend baru.  

Kenapa aku tidak melakukanya sejak dulu ?

Sejujurnya sejak SMA aku sudah mencoba mewarnai rambutku sendiri, tapi pastinya gagal dong, ditambah uang sakuku tak cukup untuk melakukan pewarnaan rambut disalon, lagian bila aku melakukan bleacing pada rambut kedepanya aku harus melakukan perawatan pada rambutku yang pasti akan rusak. 

Bagaimana dengan sekarang ? 

Syukurnya sejak memasuki masa pandemi aku sudah tidak berstatus singel, dan Paksu ternyata mendukung penuh niatku untuk mengubah warna rambut, walau memang harus sedikit ada negosiasi yang cukup sengit dalam proses pemilihan warnanya. 

Selain mendukung, Paksu juga membantuku dalam proses pewarnaan rambut, seperti yang orang banyak tau, bila bleacing sendiri biasanya akan menghasilkan hasil yang tidak rapi, bahkan para profesionalpun akan lebih memilih untuk meminta bantuan dalam proses itu. 

Apa perwana rambut yang digunakan mahal ? 

Berhubung mewarnai rambut bukanlah prioritas ( Maklum sudah berumah tangga ), jadi aku tidak menggunakan produk-produk mahal, apa lagi produk impor. Aku hanya menggunakan Miranda dan Garnier ( Maaf ini tidak di endorst ya ). 

Beberapa hari lalu akhirnya aku post foto perkembangan warna rambutku mulai dari rambut pendek hingga panjang, sangat tidak menyangka banyak yang like bahkan komen, disamping itu ada juga beberapa teman yang DM dan menyakan salon atau produk yang aku gunakan. Sangat disayangkan setelah aku membagikan info, para temanku itu banyak menganggap aku berbohong dan tidak mau membagikan info yang jujur. 

Link Fotoku dengan rambut warna-warni

"Masa iya cuma pakai miranda ? " / "Aku udah coba produk itu tapi kok hasilnya jelek ?"/ "Bohong, itu pasti hasil karya salon" dan sebagainya. 

Permisi teman-temanku...

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat mewarnai rambut. 

1. Jangan pelit-pelit untuk beli bleacing-nya --- Saat pertama kali mewarnai rambut aku bahkan menghabiskan hingga 8 kotak bleacing merk miranda untuk rambut yang pendek, jadi bisa ya disesuaikan dengan rambut masing-masing. 

2. Usahain proses bleacing dikerjakan orang lain (suami, kakak, adek atau teman ) --- Itu karena bila hasil blecing-nya saja tidak rata, gimana nanti saat diwarnai, paham kan ?  

3. Bila ingin menggunakan warna yang cerah, usahakan hasil bleacing itu mengcapai level 9, --- atau bisa googling saja bagaimana warna level 9 itu, tapi kalau sekedar mau cat warna coklat tidak perlu level bleaching-nya setinggi itu. 

4. Bukan hanya pada proses bleacing, saat proses mewarnaipun akan lebih baik dibantu pengerjaanya oleh orang lain --- kecuali kalau kita menggunakan cat seperti shampo atau bubble yang sedang terkenal itu. 

5. Sabar dalam proses mewarnai --- aku dibantu Paksu biasanya butuh waktu seharian penuh untuk bleaching dan juga mewarnai rambutnya. 

Ini hanya sedikit saran bagiku yang sudah melewai try and error dalam mewarnai rambut, dan tolong ditekankan bahwa diriku bukan seorang profesional, sampai saat ini aku saja masih belajar sambil terus merawat rambutku yang sudah rusak ini. 

Emang rambutnya rusak ?, difoto bagus kok !. 

Rusak dong, apa lagi yang sudah berkali-kali di bleaching, rambutku itu kalau pagi udah kayak sapu ijuk, kalau disisir harus hati-hati kalau tidak akan patah-patah dan juga rontoh. Susah memang menemukan shampo bagus yang bisa bikin tahan lama warna rambut, sekalinya ketemu shampo yang bikin lembut tapi warna jadi cepat luntur, kalaupun bisa mempertahankan warna rambut pasti rambutku kasar dan susah di atur. 

Oil Hair, Vit Hair, dan berbagai macam produk sudah aku coba, dan hingga saat ini rambutku terlihat sehat kalau baru selesai keramas doang, saat itulah aku mengambil foto-foto nan indah itu. Tapi beberapa minggu terakhir aku baru mencoba shampo dengan kandungan keratin dan hasilnya cukup lumayan memuaskan dibanding produk-produk sebelumnya.  

Mau ngewarnai warna apa lagi ? 

Belum tau, ini masih negosiasi sama Paksu ( harus seizin dia soalnya dia juga yang bakalan ngejain ) , aku sih maunya kayak warna golden brown gitu, atau lebih gampangnya seperti rambut Rose - Blackpink, tapi sayang kata Paksu itu terlalu terang. 

Jadi mungkin hingga akhir tahun aku kan fokus merawat rambut dulu agar sedikit lebih panjang dan akan kembali dengan warna rambut baru di awal tahun depan-- semoga proprosalku di acc Paksu, Amiiin. 

Inilah cerita singkatku kali ini, sedikit curhat dan sedikit sharing, tapi semoga ada manfaatnya. 

Sekian dan terima kasih.

Bye



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar