ADIL

By Sitty Amelia - 23.00.00

                Menurutmu siapakah yang paling adil dunia ini ?. polisikah ? hakimkah ? jaksakah ?,  atau seorang ustatkah yang paling adil didunia ini ? yang pasti jawabannya BUKAN. Tak ada seorangpun manusia dibumi yang bisa bersikap adil selain Allah SWT, karna hanya Allah SWT yang memiliki sifat ADIL dan sebenar-benar adil.
               Pernahkah kamu berfikir bahwa Allah SWT tak adil kepadamu ? mungkin disaat kehendakmu tidak diridhoi oleh-NYA kamu akan berkata dalam hati "Tuhan tak adil, kenapa cobaan seberat ini dilimpahkan kepadaku yang selalu taat kepada-NYA, sedangkan orang-orang yang ingkat itu diberi kenikmatan oleh-NYA". atau mungkin kamu berkata "Tuhan tak adil, kenapa aku yang berusaha lebih keras akhirnya gagal, sedangkan dia yang sama sekali tidak berusaha sukses dengan mudahnya" dan berbagai keluhan dihati manusia lainnya.
               Setiap musibah/kegagalan yang kita alami adalah peringatan bagi kita, mungkin kita sebagai manusia kurang mensyukuri apa yang telah kita miliki, sehingga yang maha kuasa menegur dengan memberikan kita cobaan. Jangan pernah menganggap cobaan yang kamu rasakan tidak sebanding dengan kekuatan yang kamu miliki, malah tuhan lebih tau seberapa kuat makluk ciptaannya, karna tuhan tidak akan memberi cobaan melebihi kemampuan umatnya. 
       Tidak semua musibah/kegagalan itu adalah teguran. Bila kita berpositif pikiran sebuah musibah/kegagalan itu merupakan petunjuk untuk kita. Mungkin saja jalan yang kita pilih sekarang bukan jalan yang terbaik untuk masa depan kita, dan berfikirlah tuhan pasti telah merencanakan hal yang lebih baik dan lebih indah dari apa yang kita harapkan. 




             Dulu aku juga pernah berfikir kalau apa yang terjadi pada diriku adalah ketidak adilan tuhan. Dengan berserah diri kepada-NYA dan semakin mendekatkan hatiku pada-NYA, aku mulai berfikir dan menelaah setia musibah yang terjadi padaku. Dulu aku hanya melihat dari sisi terburuh musibah yang aku alami, ternyata ketika aku dapat melihat dari sisi yang lebih baik, banyak sekali berkah yang aku dapatkan dari musibah yang aku alami, hanya saja semua itu tertutup dari rasa sedih yang berlebihan. 
                  Aku akui, setiap kali aku berada diwaktu terburuk yang aku alami, banyak sekali orang-orang yang aku sayang mendapingiku. Aku tidak pernah merasa kesepian ataupun merasa benar-benar jatuh pada suatu keadaan lagi, ketika aku melihat bahwa ada Allah SWT tempat aku mengadu dan juga dilengkapi oleh keluarga dan sahabat-sahabat terbaikku. 

                Janganlah melihat suatu persoal dari satu sisi saja, bila kamu dapat dari sisi yang berbeda mungkin akan menemukan hal yang tak pernah kamu bayangkan. percayalah setiap kejadian itu pasti ada hikmahnya karna rencana tuhan itu adalah rencana yang terbaik untuk umatnya.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar