Semua Tentang Ibu

By Sitty Amelia - 01.03.00



Beberapa hari yang lalu, kita semua baru saja merayakan HARI IBU. teman2 semua udah pada tau enggak sejarah haari ibu...??? sebelum aku cerita tentang ibu, ak mau kasi tau dlu sejarah hari ibu di indonesia ni...



















Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta, di gedung Dalem Jayadipuran yang sekarang berfungsi sebagai kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional dan beralamatkan di Jl. Brigjen Katamso. Kongres dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Hasil dari kongres tersebut salah satunya adalah membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Organisasi perempuan sendiri sudah ada sejak 1912, diilhami oleh perjuangan para pahlawan wanita abad ke-19 seperti Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Dhien, Tjoet Nyak Meutia, R.A. Kartini, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, dan lain-lain.


Peristiwa itu dianggap sebagai salah satu tonggak penting sejarah perjuangan kaum perempuan Indonesia. Pemimpin organisasi perempuan dari berbagai wilayah se-Nusantara berkumpul menyatukan pikiran dan semangat untuk berjuang menuju kemerdekaan dan perbaikan nasib kaum perempuan. Berbagai isu yang saat itu dipikirkan untuk digarap adalah persatuan perempuan Nusantara, pelibatan perempuan dalam perjuangan melawan kemerdekaan, pelibatan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa, perdagangan anak-anak dan kaum perempuan, perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, pernikahan usia dini bagi perempuan, dan sebagainya. Tanpa diwarnai gembar-gembor kesetaraan gender, para pejuang perempuan itu melakukan pemikiran kritis dan aneka upaya yang amat penting bagi kemajuan bangsa.



Penetapan tanggal 22 Desember sebagai perayaan Hari Ibu diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938.Peringatan 25 tahun Hari Ibu pada tahun 1953 dirayakan meriah di tak kurang dari 85 kota Indonesia, mulai dari Meulaboh sampai Ternate.




Presiden Soekarno menetapkan melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga kini.

source from http://id.wikipedia.org
by http://nagapasha.blogspot.comS



Nah uda pada tau kan asal muasal hari ibu tu gimana..... ??? 





Sekarang aku mau cerita nie tentang IBU menurut aku...
(Beruhubung aaku manggi ibuku "MAMA", jadi aku di sini sebut mama ajha ya)

Buat aku, mama itu adalah pahlawan yang paling aku sayanging, aku paling bangga sama beliu dan aku benar-benar menjadikan mama nomor 1 dalam hidup aku. Dari kecil sampai sekarang aku itu banyak sekali nyusahin mama, tapi mama sama sekali enggak pernah mengeluhkan untuk tetep membesarkan aku dan memenuhi kebutuhan hidup aku. Di dalam hidup aku cuma mama yang paling mulia posisinya (Selain Allah SWT) di dalam hatiku. 

Aku ngerasa kalau mamaku itu berbeda dengan mama-mama orang lain. mama aku tu kuat dan tegas banget, serta tahan banting, padahal anak-anaknya nakal-nakal semua. tapi InsyaAllah sampai detik ini semua anak-anak mama (termaksud aku) yang bandel-bandel itu tetep sehat, dan menempuh pendidikan dan pergaulan yang baik sampai sekarang, dan itu semua adalah atas bimbingan mama. Contohnya ajha aku, mama enggak pernah ngelarang-ngelarang apa yang aku ingin lakukan sejak kecil, selama itu baik. malah mama selalu ngasi aku semanga dan slalu ngasi aku dorongan. mama juga enggak pernah ngelarang0ngelarang aku untuk berteman sama siapa saja, mama hanya memberiku naseha-nasehat yang membuat aku bisa mengatur pergaulan aku sendiri.

Sejak kecil, seluruk anak-anak di keluarga aku paling dekat sama mama. walaupun di samping mama seorang ibu rumah tangga, mamaku juga adalah seorang guru. tapi itu bukan berarti mama akan mengabaikan aku dan saudara-saudaraku. Mama pintar sekali mengatur waktunya, walaupuin mama harui tetep bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. tapi mama masi meluangkan banyak waktunya itu slalu memberikan kasih sayang nya ke pada anak-anaknya, sehinggak tak satupun dari kami anak-anaknya merasakan kurangnya kasih sayang dari mama.

Dan dengan moment HARI IBU kemaren aku mengucapkan :

SELAMAT HARI IBU MAMAKU SAYANG

"Dirimu adalah sosok wanita yang paling aku kagumi sepaanjang hayatku, tiada sedikitpu aku ragu akan apa yang engkau ajarkan dan katakan padaku. Cita-cita pertamaku iyalah ingin membahagiakanmu selamanya. engkau adalah orang yang paling aku sayangi mama... (peluuuk mama) "







  • Share:

You Might Also Like

0 komentar