Welcome to S2 UGM

By Sitty Amelia - 21.32.00

"Selamat datang Mahasiswa Magister Sains Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM"



Tanggal 8 Agustus 2016 akhirnya resmi sudah aku disambut menjadi mahasiswa S2 di UGM, walau saat ini aku masi mengikuti Program Martikulasi tapi setidaknya ini merupakan langkah awal yang bagus untuk menggapai cita-citaku. Sekian lama aku sibuk dengan urusan dunia, mulai dari belajar TOEFL dan mempersiapkan diri untuk mengikuti pendaftaran S2 di UGM dan UI, aku telah melupakan dunia maya (blog-ku tersayang) dan melanggar janjiku diawal tahun, (nangis tersedu-sedu) berhubung pada akhirnya aku di terima di UGM dan dicampakan oleh UI jadi akhirnya sekarang bisa post blog lagi deh, dimana tulisan ini aku akan bercerita tentang proses akhirnya aku lulus di UGM, Mmm... anggap saja ini menjadi ucapan terima kasihku kepada UGM yang telah bersedia menerima diriku yang kurang ini sebagai mahasiswa S2 bahasa barusan terdengar lebay ngak sih ?.


Pertama-tama buat kamu yang tertarik untuk melanjutkan kuliah S2/S3 di UGM bisa langsung liat persyataran dan prosedurnya di http://um.ugm.ac.id/ , sebenarnya dari situ saja semua informasinya sudah jelas, jadi yang aku ceritakan kali ini hanya beberapa pengalaman saat proses pendaftaran. Ada beberapa hal yang sangat penting kamu persiapkan jauh-jauh hari sebelum mendaftar S2/S3 di UGM

1.  TOEFL/IELTS
Syarat yang satu ini nggak bisa diremehkan, walau dari pihak UGM sendiri memiliki kelonggaran terhadap nilai TOEFL tapi pada akhirnya mahasiwa yang sudah lulus baik matrikulasi maupun reguler WAJIB  menyerahkan nilai TOEFL minimal 450 atau juga boleh dengan ikut ujian yang diselenggarakan Pusat Bahasa UGM yaitu Test AcePt dengan minimum score 209. Jujur saat ini aku masi ngutang untuk syarat yang satu ini dan rencananya aku akan langsung ikut Test TOEFL saja, karna menurut pengalamanku di ujian sebelumnya tingkat kesulitan Test Acept lebih tinggi walau biayanya lebih murah.

2. Test Potensial Akademik (TPA)
Kamu boleh memilih ikut Ujian TPA BAPENAS atau ikut Ujian PAPs di UGM karna dari beberapa cerita-cerita temenku tingkat kesulitan soalnya sama saja, tapi syarat yang satu ini kamu HARUS / KUDU / WAJIB memiliki score minimal 500 karna setau aku untuk nilai TPA tidak ada toleransi seperti nilai TOEFL, jadi memang butuh persiapan yang matang untuk mengikuti test dan saran aku sih perbanyak latihan soal.

"Sebelum ngelanjutin aku mau ngucapin Terima Kasih banyak-banyak buat Puteri Qoniah yang udah ngasi buku TPA buat aku belajar, alhamdullilah berkah banget aku lulus TPA dengan nilai sangat memuaskan" 

3. Rekomendasi Dosen 
Buat kamu yang sudah berencana melanjutkan S2 UGM setelah lulus S1, akan lebih baik mengurus syarat ini sebelum kamu wisuda dan meninggalkan kampus tercinta, untuk syarat ini kamu membutuhkan dua rekomendasi Dosen yang pernah mengajar saat kamu S1. Aku sendiri hampir gagal mendaftar karena syarat yang satu ini walau memang salahku sendiri sih, karna dulu aku meremehkan syarat ini, tapi akhirnya Kepala Jurusan saat S1 dulu menjadi dewa penolongku dimenit-menit terakhir pendaftaran.

4. Proposal Thesis 
Syarat yang ini opsional, tidak semua fakultas/jurusan mewajibkanya, untuk jurusan aku sendiri tidak diwajibkan kalau wajib aku pasti nggak jadi daftar hahaha. jadi saat akan mendaftar akan lenih baik kau mampir dulu ke bagian admisinya atau telfon kekantornya untuk memastikan syarat ini.

kira-kira hanya empat syarat diatas yang perlu kamu waspadai, untuk syarat yang lain bisa cek disini dan aku yakin kamu pasti bisa memahaminya. Kalau syaratnya sudah lengkap dan kamu udah mendaftar yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan diri untuk mengkuti Test Wawancara dan Test Tulis yang waktunya akan diberitahu kekamu setelah mendaftar dan yang buat dari luar kota lebih bagus nanya langsung ke admisinya dari awal biar bisa pesan tiket pesawat/kereta.

Untuk Test Wawancara sendiri bagiku tidak begitu menegangkan, dosen yang mewawancari ramah dan aku tidak merasa terancam, yang jelas kamu rilex ajah pas wawancara aku pastikan wawancaranya tidak lama kok. Sedangkan Test tulis harus di WASPADAI karna yang akan ditest adalah matakuliah jurusan yang akan kita ambil, materi ujianku sendiri adalah Makro, Mikro, Matek dan Statik, dan sekali lagi kamu bisa nanya di bagian admisi.

Setelah itu apa ???? 

Kalau sudah selesai test bisa pulang kampuuuuuuuuung hehehhee. dan menunggu pengumumanya keluar, aku sendiri sempat syok saat pengumuman keluar karna sebelumnya tidak percaya diri untuk lolos, tapi pada akhirnya sekarang aku disini Di Yogyakarta menjadi mahasiswa perantau. Sampai sini pengalaman yang bisa aku bagikan buat kamu semua, semoga tulisan ini bermanfaat bagi banyak orang dan menjadikanku lebih semangat nulis lagi maklum aku bakal bikin tesis. 



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar